Sesame Street Elmo -->

Kamis, 26 Januari 2012

Ulsan Tentang Iphone 3GS

Ulasan iPhone 3GS


Tampak samping iPhone 3GS
Tampak samping iPhone 3GS
Kalau ada 2 kata yang boleh saya pakai untuk menggambarkan iPhone 3GS, yaitu: “pintar” dan “seksi”. Mungkin saya terkesan berlebihan memberi sebutan itu, tetapi menurut saya, perangkat canggih buatan Apple ini memang betul-betul revolusioner dan merombak konsep ponsel pintar secara signifikan. OK, berikut pembahasan saya mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone 3GS dari berbagai sudut pandang.

Spesifikasi

Bagi anda yang mengikuti perkembangan iPhone, tentu anda sudah tahu bahwa iPhone 3GS merupakan generasi ketiga seri iPhone, setelah iPhone pertama (sering disebut sebagai iPhone 2G) dan iPhone 3G. Dibandingkan dengan iPhone 3G, tambahan huruf “S” pada iPhone 3GS berarti Speed atau kecepatan. Ya, dengan prosesor yang lebih cepat (833 MHz, underclock ke 600 MHz) dan jumlah RAM 2 kali lipat dari iPhone 3G (256MB vs 128MB), anda akan jarang sekali mengalami “lag” saat menggunakannya.
iPhone 3GS: Lebih cepat hingga 2x lipat dari iPhone 3G
iPhone 3GS: Lebih cepat hingga 2x lipat dari iPhone 3G
Berikut adalah spesifikasi yang (cukup) lengkap dari iPhone 3GS:
  • Prosesor: 600 MHz (underclock dari 833 MHz)
  • RAM: 256MB
  • Layar: 3,5 inci dengan resolusi 320 x 480 dan dukungan multi-touch
  • Penyimpanan internal: 16GB/32GB
  • Dukungan jaringan:
    • 3G/HSDPA
    • WiFi 802.11b/g
    • Bluetooth 2.1 + EDR
  • Kamera: 3,2 MP dengan autofocus dan geo-tagging
  • Fitur lain: A-GPS, kompas digital, accelerometer
  • Sistem operasi: Mac OS X
  • Dimensi:  4,5 x 2,4 x 0,48 inci
  • Bobot: 135 gram
Sama seperti produk Apple lainnya, iPhone 3GS juga memiliki desain yang elegan dan atraktif. Selain terkesan premium, ukurannya juga pas dalam genggaman tangan dan saya cukup nyaman saat menggunakannya untuk menulis pesan, melakukan panggilan, maupun berselancar di web.
Tetapi ada satu hal yang cukup mengganggu, yaitu letak lensa kameranya. Ya, lensa kamera ini diletakkan di ujung kanan atas pada bagian belakang, dan jari saya sering “menutupi” lensa tersebut saat saya menggunakannya untuk mengambil foto atau merekam video.

Telepon dan Kualitas Suara

Sebagai sebuah PONSEL pintar, tentu fitur pertama yang harus dilihat adalah fungsi telepon. Jaringan yang didukung oleh iPhone 3GS ini cukup umum, yaitu: GSM/EDGE (2G) dan UMTS/HSDPA (3G), sehingga anda seharusnya bisa menggunakan provider GSM manapun (asalkan iPhone 3GS anda sudah unlocked ^^). Saya sendiri menggunakan provider yang iklannya menggunakan lagu J-Rocks “Meraih Mimpi”. ^^
Saat melakukan dan menerima panggilan, kualitas suara yang terdengar oleh saya sudah cukup baik. Suara-suara yang ada di sekitar pembicara ternyata tidak terlalu terdengar oleh saya. Sebaliknya, saat saya berbicara, terkadang pendengar meminta saya untuk mengulangi perkataan saya karena suara saya tidak terdengar dengan jelas. Saya tidak tahu apakah hal tersebut disebabkan oleh volume suara saya terlalu kecil, atau ada gangguan suara di sekitar pendengar, atau memang iPhone 3GS tidak bisa “menyalurkan” suara saya dengan baik. Yang jelas, menurut saya tidak ada yang spesial dari fitur telepon pada iPhone 3GS.

Sinkronisasi Data

Ada 2 macam sinkronisasi data yang bisa anda gunakan, yaitu: sinkronisasi online (melalui sebuah layanan sinkronisasi data di internet) dan sinkronisasi lokal (ke PC atau Mac). Untuk sinkronisasi online, saya menggunakan layanan Google Sync, yang mendukung sinkronisasi kontak, e-mail, kalender, dan fitur “Push” untuk notifikasi e-mail maupun aplikasi lainnya. Dengan “menyimpan” data saya secara online, maka saya memiliki backup data iPhone yang bisa saya akses dari mana saja. Tidak ada lagi yang namanya “ponsel rusak, data hilang”. ^^
Sinkronisasi Online pada iPhone
Sinkronisasi Online pada iPhone
Sedangkan untuk sinkronisasi lokal, satu-satunya aplikasi yang dapat melakukannya secara sempurna adalah -mungkin anda sudah menebaknya- iTunes. Dengan iTunes versi terbaru, anda bisa melakukan sinkronisasi semua data anda: e-mail, kontak, kalender, catatan, aplikasi yang dibeli dari App Store, lagu, video, nada sambung, dan lainnya. Bahkan anda juga bisa mengatur peletakan ikon-ikon iPhone anda langsung dari iTunes!

Manajemen E-mail dan SMS

Menurut saya, inilah salah satu fitur unggulan iPhone. Membaca, mengirim, dan menulis pesan -baik e-mail maupun SMS- pada iPhone merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan bagi saya. Anda bisa membaca/menulis pesan dalam mode vertikal (biasa) maupun horisontal berkat bantuan “accelerometer“. Tampilan keyboard virtual yang disertakan maupun pesan yang sedang anda tulis akan disesuaikan secara otomatis. Untuk manajemen e-mail pada iPhone ini , Apple menyertakan Mail. Ya, bagi anda pengguna Mac tentu cukup mengenal Mail, aplikasi manajemen e-mail standar pada Mac, dan anda tahu kualitasnya. ^^
Menulis dan membaca e-mail pada iPhone
Menulis dan membaca e-mail pada iPhone
Selain manajemen e-mail, iPhone juga menyediakan aplikasi khusus untuk menangani pesan singkat (SMS), yang bisa diakses melalui Messages. Pada aplikasi ini, SMS yang anda kirim dan terima akan dikelompokkan berdasarkan pengirim/penerimanya. Yang menarik: apabila anda memilih salah satu kontak di sana, maka SMS yang anda kirim/terima dari orang tersebut akan ditampilkan layaknya sebuah percakapan. Sama seperti pada Mail, di sini anda juga bisa membaca maupun menulis pesan secara horisontal maupun vertikal.
Manajemen SMS pada iPhone
Manajemen SMS pada iPhone

Menjelajah Internet

iPhone membawa aplikasi peramban (browser) Safari untuk menjelajah internet. Pada Safari ini, anda bisa memperbesar dan memperkecil tampilan (zoom) dengan cara menyentuh layar dengan 2 jari dan melakukan pinch. Proses zoom in maupun zoom out dilakukan dengan animasi yang cantik. Selain itu, Safari pada iPhone ini juga mendukung multi-window (atau tab?), sehingga anda bisa membuka beberapa situs secara bersamaan. Apabila anda menggunakan iTunes, bookmark Safari pada PC/Mac anda juga bisa tersinkronisasi pada Safari di iPhone ini.
Menjelajah internet dengan Safari
Menjelajah internet dengan Safari
Anda juga bisa menjalankan berbagai aplikasi berbasis web (dikenal sebagai Web App) melalui Safari pada iPhone ini, dan nantinya bisa anda bookmark ke dalam Springboard (tempat meletakkan ikon aplikasi pada iPhone) untuk anda jalankan layaknya aplikasi “native”. Saya sendiri sudah mencoba Google Buzz dan Google Reader sebagai Web App dan keduanya berjalan dengan lancar.

Kamera, Perekam Video, dan Manajemen Foto

OK, resolusi kamera iPhone 3GS memang tidak terlalu bagus -hanya 3,2 megapiksel-, tetapi bukan berarti tidak memiliki keunggulan. Selain fokus otomatis, pada kamera iPhone 3GS ini adalah anda juga bisa menentukan bagian mana yang harus difokuskan pada objek foto, dengan menyentuhnya (tap-to-focus). Ya, misalkan anda sedang mengarahkan kamera pada anjing peliharaan anda di taman, anda tinggal menyentuh bagian layar yang menampilkan anjing anda, dan kamera akan terfokus ke sana. Setahu saya hanya sedikit kamera ponsel yang menyertakan fungsi ini. Untuk kualitas hasil fotonya, silakan cek foto ini.
Tampilan saat mengambil foto atau merekam video
Tampilan saat mengambil foto atau merekam video
Selain itu, fitur unggulan kamera iPhone 3GS ini adalah kemampuan merekam video pada 30 gambar per detik (fps) atau kira-kira setara dengan framerate film DVD. Apple bahkan menyediakan sebuah fungsi untuk menyunting video, yaitu trimming untuk memotong bagian klip video yang akan “dibuang”. Tampilan penyuntingan video ini agak mirip dengan iMovie, dengan fungsi yang jauh lebih sedikit tentunya. ^^
Tampilan saat penyuntingan klip video
Tampilan saat penyuntingan klip video
Manajemen foto/video pada iPhone dapat dilakukan dengan mudah dengan aplikasi Photos. Anda bisa menelusuri, memperbesar dan memperkecil foto dengan melakukan “pinch”, mengirimkan foto melalui e-mail, atau menjalankan sebuah slideshow dari koleksi foto anda. Sayangnya tidak ada fitur mengirimkan foto melalui Bluetooth (saya akan bahas lebih lanjut tentang ini nanti). ^^;

GPS, Kompas Digital, dan Kontrol Suara

iPhone juga menyediakan fitur untuk mengakses layanan berbasis lokasi melalui GPS dan (Google) Maps. Melalui aplikasi Maps ini, anda bisa melihat peta sekitar anda dan “meminta” petunjuk arah dari satu tempat ke tempat lain. Ya, kalau anda sering menggunakan Google Maps, tentunya anda tidak asing lagi dengan fitur-fitur yang tersedia pada Maps.
Tampilan Maps pada iPhone
Tampilan Maps pada iPhone
Selain itu, ada juga kompas digital, yang bisa diakses melalui aplikasi Compass. Dengan bantuan kompas digital ini anda bisa meminimalisir kemungkinan tersesat saat anda menjelajah ke tempat-tempat terpencil atau hutan-hutan. ^^
Tampilan kompas digital dan kontrol suara
Tampilan kompas digital dan kontrol suara
Dengan menekan tombol “Home” selama beberapa detik, kita akan masuk ke mode Voice Control (kontrol suara). Seperti yang sudah anda tebak dari namanya, anda bisa menjalankan berbagai fungsi iPhone melalui perintah suara. Misalnya kita katakan “call John on mobile” untuk melakukan panggilan ke ponsel John, atau “what song is this?” untuk mengetahui judul lagu yang sedang diputar. Saat saya mencobanya, ternyata fungsi pengenalan suaranya tidak terlalu bagus. Pengenalan suaranya cukup akurat saat saya mencoba untuk melakukan panggilan, namun saya cukup frustasi saat ingin menggunakan kontrol suara untuk memutar lagu tertentu. Semoga akurasi pengenalan suaranya diperbaiki pada update firmware mendatang. ^^

Multimedia, Hiburan, dan App Store

Banyak yang mengatakan bahwa iPhone = iPod + fungsi telepon. Anggapan tersebut tidak salah, karena memang iPhone menyediakan fungsi-fungsi iPod secara penuh. Manajemen lagu dan video yang kita lakukan melalui iTunes bisa dengan mudah disinkronisasikan ke iPhone. Setelah itu kita bisa mengakses koleksi lagu dan video kita melalui iPod.
Tampilan CoverFlow album pada aplikasi iPod
Tampilan CoverFlow album pada aplikasi iPod
Kalau anda kurang puas dengan koleksi video yang anda miliki, anda juga bisa mengakses aplikasi YouTube untuk menikmati streaming video. Tampilannya cukup mirip dengan versi web-nya dan kita bisa menelusuri dan mencari video yang menarik di sini. Saat saya mencobanya, kecepatan streaming dan kualitas tampilan videonya juga cukup baik.
Tampilan aplikasi YouTube
Tampilan aplikasi YouTube
Salah satu keunggulan iPhone adalah koleksi aplikasinya yang tersedia melalui App Store. Di sana kita bisa mencari berbagai macam aplikasi, mulai dari aplikasi produktivitas hingga permainan tersedia di sana. Bagi anda yang enggan “membeli” aplikasi, tidak usah kuatir karena banyak juga tersedia aplikasi gratis dengan kualitas yang cukup bagus juga. Beberapa aplikasi permainan juga menyediakan versi “Lite” atau “Demo” yang bisa anda unduh dengan gratis untuk menguji permainan tertentu.
Tampilan App Store
Tampilan App Store
Ada juga aplikasi Facebook dan Yahoo Messenger khusus iPhone bagi anda yang gemar mengakses situs jejaring sosial tersebut atau berbincang dengan teman anda melalui YM. Selain tampilannya yang cukup menarik, terdapat juga fitur “Push Notification“, yang mana bisa anda gunakan untuk memberitahukan kepada anda (melalui alarm) apabila ada notifikasi pada akun FB anda atau ada yang memanggil anda melalui YM.
Tampilan aplikasi Facebook dan Yahoo Messenger pada iPhone
Tampilan aplikasi Facebook dan Yahoo Messenger pada iPhone
Aplikasi lain yang saya rekomendasikan adalah Evernote dan WordPress Mobile (saya sudah pernah membahas tentang ini). Evernote merupakan sebuah aplikasi pengelola catatan berbasis cloud. Dengan aplikasi ini, kita bisa menyimpan catatan (berupa teks, gambar, atau video) ke server Evernote yang kemudian bisa kita akses dari web browser, desktop, maupun iPhone. Saya biasa menggunakan aplikasi ini untuk mengelola kartu nama. Ya, saya cukup mengambil foto sebuah kartu nama, dan Evernote secara otomatis melakukan semacam fungsi pengenalan teks untuk “mencatat” informasi yang ada pada kartu nama tersebut. ^^
Tampilan Evernote dan WordPress Mobile
Tampilan Evernote dan WordPress Mobile
Selain aplikasi dari App Store, anda juga bisa mengakses berbagai aplikasi berbasis web yang khusus disediakan untuk iPhone. Beberapa koleksi aplikasi web bisa anda akses melalui Safari di http://www.apple.com/webapps, pilih aplikasi yang anda inginkan, lalu bookmark aplikasi tersebut ke Springboard agar nanti anda bisa jalankan dengan cepat. ^^

Daya Tahan Baterai

Sejujurnya, sebelum membeli iPhone 3GS ini saya sempat bingung menentukan pilihan antara perangkat berbasis Google Android (Nexus One, HTC Hero, dll) dan iPhone 3GS. Pada akhirnya, faktor daya tahan baterai menjadi salah satu “penilaian minus” saya terhadap ponsel Android. Saya telah membaca beberapa ulasan dari pengguna pada forum-forum internet, dan kebanyakan dari mereka mengeluhkan daya tahan baterainya yang sangat boros. Kasusnya juga bermacam-macam: mulai dari perangkat lunak atau firmware yang kurang sempurna, hingga berbagai anomali yang belum jelas penyebabnya. Dampaknya, kebanyakan pengguna harus mengisi ulang baterai hingga 2 kali dalam sehari! ^^;
Penggunaan aplikasi secara berlebihan bisa mengurangi durasi daya tahan baterai
Penggunaan aplikasi secara berlebihan bisa mengurangi durasi daya tahan baterai
Untuk daya tahan baterai iPhone 3GS, Apple mengklaim:
  • Waktu bicara: ~12 jam (2G) atau ~5 jam (3G)
  • Akses internet: ~5 jam (3G) atau ~9 jam (WiFi)
  • Multimedia: ~10 jam (video) atau ~30 jam (audio)
  • Standby: ~300 jam
Saya sendiri biasa mengisi ulang baterai iPhone 3GS saya antara 2-3 hari sekali, dengan penggunaan “campuran” antara melakukan panggilan, mengirim SMS, browsing dengan WiFi, membaca e-mail, memutar lagu, mengambil foto atau merekam video, dan sesekali bermain game.

Kekurangan/Kelemahan

Menurut saya, ada 2 kelemahan iPhone 3GS ini, yaitu: Bluetooth dan iTunes. Ya, fitur Bluetooth pada iPhone 3GS ini memang sangat-sangat memprihatinkan. Bluetooth pada iPhone 3GS hanya dapat mendeteksi perangkat audio, seperti headset, handsfree atau speaker bluetooth. Kita tidak bisa mengirim dan menerima file dari/ke perangkat lain melalui Bluetooth. Semoga fitur Bluetooth ini diperbaiki lagi pada update firmware mendatang. ^^;
Kelemahan kedua adalah iTunes. Aplikasi manajemen dan sinkronisasi standar dan terlengkap untuk iPhone ini hanya tersedia untuk sistem operasi Mac dan Windows. Saya seringkali kerepotan saat ingin memasukkan lagu atau video ke iPhone, karena saya harus booting ke Windows terlebih dahulu (biasanya saya menggunakan Ubuntu ^^) dan menjalankan iTunes dari sana. Semoga Apple “membuka” sistem manajemen/sinkronisasi datanya pada iTunes sehingga iPhone bisa disinkronisasikan dengan sempurna pada sistem operasi selain Mac dan Windows. ^^
UPDATE: Satu lagi kelemahan iPhone adalah lingkungan pengembangan Apple yang bersifat tertutup. Ya, bukan rahasia lagi kalau anda harus menggunakan metode “jailbreak” untuk memaksimalkan potensi iPhone. Kalau anda gemar mengoprek, mungkin anda lebih tepat memilih perangkat berbasis Android.

Kesimpulan

Saya sudah mengulas kelebihan dan kekurangan iPhone 3GS dan secara umum saya cukup puas dengan seluruh fitur yang ditawarkan oleh perangkat ini. Predikat sebagai salah satu smartphone (ponsel pintar) terbaik layak diberikan pada ponsel buatan Apple ini (tanpa memperhitungkan Bluetooth-nya ^^). Berselancar di web, membaca e-mail, mendengarkan lagu, menonton video, menulis artikel blog bisa anda lakukan dengan mudah dan menyenangkan berkat teknologi multitouch pada iPhone ini. Namun sayangnya Apple kurang “terbuka” dalam mengembangkan sistem iPhone dan ini mungkin kurang sesuai bagi anda yang suka mengoprek ponsel.

Apa komentar anda?^^v

1 komentar: